fbpx

Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi Google Webmaster Untuk Optimasi
September 11, 2021
kursus web master di ymii cileungsi
Jenis – Jenis Website
September 13, 2021
kursus komputer web master di ymii cileungsi

Fungsi-Fungsi Bahasa Pemrograman

Secara umum, fungsi bahasa pemrograman adalah sebagai media untuk menyalurkan perintah yang diberikan seorang programer untuk memproses sebuah data. Perintah yang diberikan harus sesuai dan bisa dimengerti oleh mesin. Penggunaan bahasa pemrograman ini sama halnya seperti komunikasi antar manusia yang juga dilakukan melalui bahasa. Untuk bisa memberikan perintah kerja tertentu kepada komputer, 

Anda selaku programmer harus bisa “mengomunikasikan” perintah tersebut kepada mesin yang dimaksud. Hanya itulah satu- satunya cara agar perangkat komputer dapat bekerja dan berfungsi sebagaimana mestinya. Tanpa adanya bahasa pemrograman, sebuah perangkat komputer akan sama saja seperti onggokan mesin tak berguna. Kembali lagi, satu-satunya bahasa yang dimengerti komputer hanyalah bahasa mesin atau bahasa pemrograman itu sendiri. Alhasil, ini adalah menjadi tugas seorang programmer untuk menerjemahkan beberapa perintah yang mereka kehendaki melalui sintaks (susunan kalimat dalam bahasa pemrograman) agar bisa diproses oleh komputer. 

Algoritma yang sudah dibentuk oleh programmer akan menjadi jalur khusus yang akan diikuti oleh program untuk menjalankan perintah. Dengan demikian data-data yang diinput oleh user dapat berjalan dengan baik menghasilkan suatu output. Itulah fungsi utama dari bahasa pemrograman. Namun masih ada lagi fungsi bahasa pemrogramanyang lainnya. Apa sajakah fungsi-fungsi lainnya tersebut? Untuk lebih jelas, yuk simak beberapa fungsi pemrograman yang lainnya berikut ini:

Media Penyusun untuk Mengembangkan Sebuah Sistem
Bahasa pemrograman menjadi sebuah media yang mampu menyusun beragam sintaks yang bisa dipahami komputer. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sintaks adalah susunan-susunan kalimat dalam bahasa pemrograman. Dari sini, kita dapat melihat bahwa bahasa pemrograman tidak dapat ditulis secara sembarangan. Tanpa menjadikan bahasa pemrograman dalam susunan sintaks yang tepat, maka proses coding akan sia-sia. Setiap perintah akan memiliki sintaks yang berbeda. Semisal perintah untuk membuka aplikasi, input data, output data, dan seterusnya. 

Susunan sintaks yang baik, tepat dan benar untuk setiap perintah sangat bermanfaat untuk bisa dijalankan menjadi sebuah sistem yang mampu memenuhi kebutuhan para pengguna komputer di kemudian hari. Contohnya adalah saat ini, ada banyak sekali aplikasi mobile yang memudahkan pengguna di bidang apapun seperti modul, pembayaran, belanja online, dan lain sebagainya. Semua aplikasi mobile yang Anda gunakan di smartphone Anda pun disusun menggunakan sintaks bahasa pemrograman. Untuk dapat membuat sebuah aplikasi yang fungsional dan mampu memenuhi kebutuhan, maka algoritma yang diterapkan dalam sintaks harus sesuai agar bisa dipahami dengan baik oleh mesin. Jika algoritma sintaks yang dibuat kurang cocok, maka besar kemungkinan mesin akan mengalami kendala membaca perintah yang ditulis dan berujung mengakibatkan error pada aplikasi saat digunakan.

Sebagai Media Komunikasi Antara Programmer dengan Komputer
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahasa pemrograman menjadi media komunikasi khusus antara programmer dengan komputer. Mekanisme komunikasi programmer dengan komputer melalui bahasa pemrograman ini sama saja selayaknya Anda berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Indonesia. Tanpa bahasa mesin ini, seorang programmer tidak bisa menjadikan komputer bermanfaat dan beroperasi. Programmer akan menggunakan sintaks algoritma yang dijadikan sebagai perintah. Kemudian, bahasa pemrograman akan mengubah sintaks algoritma yang telah disusun tersebut menjadi satuan biner agar lebih mudah untuk dipahami oleh komputer. Melalui bahasa pemrograman inilah, perintah yang diinput oleh user bisa diproses dan menghasilkan output.

Jika tidak menggunakan bahasa pemrograman yang tepat, maka komputer tidak akan mengertidengan baik apa perintah yang diberikan programmer. Untuk itu, dibutuhkan bahasa pemrograman guna mengolah perintah dari user agar mesin mampu menjalankannya dengan baik. Programmer juga harus memberikan batasan melalui algoritma yang akan dimasukkan pada sintaks. Tujuannya tak lain agar perintah dari user menjadi “terlalu melebar”, ambigu, hingga tidak jelas ujung serta arahnya. Perintah-perintah di komputer umumnya bersifat pasti dan sistematis untuk menghindari code error.

kursus web master di ymii cileungsi

Investasi Terbaik adalah Investasi Ilmu
.
Saat ini, penguasaan ilmu komputer sangat bermanfaat untuk menunjang karir dan pekerjaaanmu
.
Yuk Belajar Komputer di Kursus Komputer YMII Cileungsi
.
Bisa Online atau Offline
.
1 Pengajar 1 Peserta (Privat)
.
Paket Kursus Lengkap dari pemula sampai mahir
.
Info lebih lanjut hubungi:
0858 8188 5768 (Mas Tris)
.
wa: wa.me/6285881885768
.
Lokasi:
Kampus 1
Perum Harvest City Cluster Bromelia B9 No 12 Cileungsi Bog 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo YMII
Silahkan wa kami
Halo
Ada yang bisa kami bantu?