fbpx

Pengertian Gerbang Logika(logic gate), Tabel Kebenaran (truth table), dan Jenis-jenis Gerbang Logika

kursus digital marketing di ymii cileungsi
Pengertian Digital Marketing dan Jenisnya
October 17, 2021
Tempat Kursus Komputer untuk masyarakat Cibubur, Gunung Putri, Cileungsi
Tempat Kursus Komputer untuk masyarakat Cibubur, Gunung Putri, Cileungsi
October 19, 2021

Pengertian Gerbang Logika(logic gate), Tabel Kebenaran (truth table), dan Jenis-jenis Gerbang Logika

tempat kursus komputer di cileungsi

Apakah kamu tahu gerbang logika?

Gerbang Logika atau lagic gate adalah dasar pembentuk sistem elektonika digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa input (masukan) menjadi sebuah sinyal output (keluaran) logis. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean.

lalu, di dalam materi Gerbang logika juga ada istilah Tabel Kebenaran. Apakah itu Tabel Kebenaran?

Tabel Kebenaran atau truth table adalah tabel yang berisikan kombinasi-kombinasi variabel input (masukan) yang menghasilkan output (keluaran).

Input dan output pada gerbang lohika hanya memiliki 2 level. Kedua level tersebut pada umunya dilambangkan dengan HIGH (tinggi) dan LOW (rendah), True (benar) dan False (salah), On (hidup) dan Off (mati), 1 dan 0.

Jenis-jenis gerbang logika ada berapa?

Terdapat 7 jenis Gerbang Logika Dasar yang membentuk sebuah Sistem Logika Dasar, yaitu:

  1. Gerbang AND

    Gerbang AND ini memerlukan dua atau lebih input untuk menghasilkan satu output. Jika semua atau salah satu inputnya merupakan bilangan biner 0, maka outputnya akan menjadi 0. Sedangkan jika semua input adalah bilangan biner 1, maka outputnya akan menjadi 1.

2. Gerbang OR

Gerbang OR ini akan menghasilkan output 1 jika semua atau salah satu input merupakan bilangan biner 1. Sedangkan output akan menghasilkan 0 jika semua inputnya adalah bilangan biner 0.

3. Gerbang NOT

Gerbang NOT ini berfungsi sebagai pembalik keadaan. Jika input bernilai 1 maka outputnya akan bernilai 0 dan begitu juga sebaliknya.

4. Gerbang NAND

Gerbang NAND adalah gabungan dari gerbang AND dan gerbang NOT. Karena itu output yang dihasilkan dari gerbang NAND ini adalah kebalikan dari gerbang AND.

5. Gerbang NOR

Gerbang NOR ini adalah gabungan dari gerbang OR dan NOT. Sehingga output yang dihasilkan dari gerbang NOR ini adalah kebalikan dari gerbang OR.

6. Gerbang X-OR

Gerbang X-OR ini memerlukan dua input untuk menghasilkan satu output. Jika input berbeda (misalkan : input p=1, input q=0) maka output yang dihasilkan adalah bilangan biner 1. Sedangkan jika input adalah sama maka akan menghasilkan output dengan bilangan biner 0.

7. Gerbang X-NOR

Gerbang X-NOR ini memerlukan dua input untuk menghasilkan satu output. Jika input berbeda (misalkan : input p=1, input q=0) maka output yang dihasilkan adalah bilangan biner 0. Sedangkan jika input adalah sama maka akan menghasilkan output dengan bilangan biner 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo YMII
Silahkan wa kami
Halo
Ada yang bisa kami bantu?